RSS Subscribe

Minggu, 27 Juli 2008

BackPacker Gadungan no. 1 - Jogja Solo


CihuuuY...akhirnya gw bisa nulis lagi.
okeeh..okeeh...seperti janji kuw yang kmaren2..ni blog pertama buat kategori Gie-Odyssey
pengennya siy niy sbagai blog kisah perjalanan gw. yang skarang dan seterusnya.. :)

Odyssey kali ni, gm mo critain ttg pengalaman jadi backpacker gadungan-baca: level dibawahnya ameteur-

mo tow nape dibilang gadungan? begini kisahnya>>


Jogja-Solo

rencana awal, hari selasa kmaren,22 Juli, gw mo nyobain sok2 an jadi backpacker-pade tau khan, apa tu backpacker? itu2..orang yang hobi touring yang sering bawa ransel gede2..-

nah, bukti ke-gadungan gw yg pertama adalah..ransel yang gw bawa kecil imut2 nan mungil "kincup kincup".hwakakaka! Naaah, dengan tujuan awal adalah Solo, jadi kuputuskan naek kreta Prameks yang nyaman itu, berangkat dari Jogja menuju Solo hanya 7 ribuan dan gak lebih dari sejam waktu tempuh. weiiiz...Tiba2, pas mo berangkat, mbah ku yang di Solo tilpun-bahasa gaulnya telpon-, dan tiba2 pula bilang,"feb, kamu ke Solo nya besok aja, bareng saya..kebetulan saya besok mo ke Jogja jadi skalian aja ke Solo bareng ma kamu!". Jreng..jreeeng...batal dweh!

Besoknya uda dwe...akhirnya di jemput mbahku yang abis golp-bahasa gaulnya golf- di Lap. Golp Adisutjipto..cieeeh, ni diyeee kegadungan yang kedua: berangkat ke Solo pake acara dijemput2 sgala!

helaaah..aku disuruh nyetir dari Jogja-Solo..lemayaaan siy, ndausa ngeluarin duit buat beli tiket prameks!

fuhuhuhuhuhuuuy...!

Nyampe di Solo dengan kaki kiri agak pegel2, coz jalanan Jogja Solo lagi agak rame...jadi musti maen injek kopling agak rajin dikit..heks heks.

malemnya di Solo cukup ciamik! coz di ajakin pergi makan bareng di suatu pusat pedagang makanan yang baru dibuka di Solo, namanya GALABO -GlAdak LAngen BOgan ato bhs kerennya Food Exhibition of GLADAG-, jadi tuh sebenernya jalan utama yang kalo malem agak sepi. So, pemkot -baca:pemerintah kota- Solo lemayan cerdik manfaatin tuh situasi (kalo yang pernah mampir ke Food Festival di daerah Kemang-Jakarta, yaaah mirip2 gitu lah!). Jalannya ditutup truz kalo malem dijadiin arena jualan berbagai macam warung makanan (food stall). Mule dari jagung bakar, susu sapi murni sampe nasi "khabsah" ato kambing goreng Maroko, dan warung ayam tulang lunak pak Dul de el el. "Ajib ajiiiib"...!

(heran gw, sekian banyak makanan di Indo...udahan lemayan sering denger menu tulang lunak, ada bandeng tulang lunak.. ada ayam tulang lunak, tapiiii...kok blom pernah ada daging kambing tulang lunak? tulang sapi lunak? ck ck ck..hoy si "otak2 bisnis" itu sebuah peluaaaang!!!ha ha ha)

Yawda dweh, berhubung status gw yang insya Allah bakal dibuang ke daerah timur tengah-fyi, mungkin gw bakal ditempatin kerja ma perush tempat gw kerja di Al khobar-kingdom of saudi arabia..doakan zaa yah!-jadinya gw nyobain dwe makanan timur tengah..gw pesen Nasi khabsah plus minuman Kawista, critanya mo adaptasi duluan. heks heks

rasanya..heeemmmh..."ajiiib..ajiiiib" deh! Nasi khabsah tuh ya, terdiri dari Nasi rempah macam nasi kebuli, tapi rempahnya tuh lebih bisa menari-nari di lidah...mpe tenggorokan masih kerasa gurih, tapi kalo dah mpe perut mah..so pasti krasa kenyang doank..ha ha ha... slaen nasi rempah, ditemenin ma daging kambing yang super duperrr uempuuuuuk!!!! jadi pas loe gigit tuh, dagingya nuruuuuut ajah..plus rasanya yang penuh aroma dan yahuuuud! selaen itu ada acar ma saos biasa buat skedar nambah2 rasa..(Pak Bondan yang di wisata Kuliner kalah deh ma gaya gw! heks heks). Bicara soal minuman bernama Kawista,,,pasangan yang sedap bgt buat makan nasi "khabsah" itu... katanya campuran sirup "salsaparila"-gataw gmana nulisnya gw- dicampur soda..
Heeeemh, paaas bgt! soalnya sehabis loe makan nasi yang penuh rempah, kadang di tenggorokan ada kerasa sedikit tertinggal aroma rempah..naaah, pas loe minum kawista ini...kaya tuh aroma luruuuuh trus tenggorokan loe serasa bersiih bgt! mak Plong! -hooy, ni bukan saingannya mak erot yang ude keburu dead itu loh ye! heks heks-

benernya siy gw masih mo nyobain menu laen, tapi gw inget ma perut gw yang udah nyembul2 gak keruan..so, gw urung nambah dweh. Hwaaaaaah, pokoknya kalo loe pas ke daerah Jawa Tengah, jangan mikir 2x buat mampir ke Solo, coz disini banyak makanan enak plus ada arena waterboom-nya segala, yang gw sendiri blom sempet nyoba!

by the way anyway busway..perjalanan musti lanjut...besoknya gw musti berangkat pagi coz kudu ngejar kreta yang menuju madiun...so, pagi gw di anter ke stasiun SOLO BALAPAN, buat menuju madiun..

-tapi pas mo nulis lanjutannya gw keburu ngantuk! males dah gw..jadinya yaah gw kasih "tag" dibawah ini, biar kayak di pelm-pelm :))

to be continued...

Tidak ada komentar: