RSS Subscribe

Senin, 11 Agustus 2008

Tiga Hal Penghapus Dosa

assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh

Kembali pada kegiatan menulis, sekaligus sebagai kesempatan untuk mengisi blog ku,
Kali ini pada kategori My Islam, yakni yang mengambil materi yang akan dibahas adalah tentang "hal-hal yang dapat menghapuskan dosa".
Pada kajian yang sempat ane ikuti beberapa waktu yang lalu, ada hadist rasulullah yang kurang lebih bertutur sebagai berikut,
Rasulullah bertanya pada para sahabatnya pada suatu majelis,"hai sahabatku maukah kalian sesuatu yang jika kalian lakukan akan menghapus dosa?", "Tentu ya Rasulullah!" sahut para sahabat.
Rasulullah pun menyebutkan hal-hal tersebut yakni," menyempurnakan wudlu dikala susah, berjalan menuju masjid, dan menunggu antara satu waktu shalat ke shalat berikutnya." -hadist shahih- (karena keterbatasan penulis, maka belum bisa disertakan bahasa arab dan perawai hadist secara lengkap. tapi insyaallah hadist di atas benar-benar shahih. dikemudian hari jika telah ditemukan sumber yang tepat, akan penulis update)

Tiga hal yang mampu menghapus dosa-dosa kita (dosa kecil tentunya). yakni:

1. Menyempurnakan wudlu di waktu susah,
banyak hal yang bisa diterjemahkan dalam "waktu susah", sebagai contoh ketika wudlu saat mau shalat tahajud. wudlu ketika di malam hari yang dingin sebelum beranjak tidur (kita disunnahkan berwudlu sebelum tidur.) dan sebagainya. Menyempurnakan wudlu berarti melakukannya sesuai urutan-urutan yang dicontohkan oleh Rasulullah.

2. Berjalan menuju masjid
setiap pasang langkah kita menuju masjid dicatat oleh malaikatNya -satu langkah sebagai penghapus dosa dan langkah satunya sebagai penambah pahala- baik ketika berangkat maupun ketika sepulangnya dari masjid menuju rumah.

3. Menunggu dari waktu shalat ke shalat berikutnya
Bagi orang bertakwa, shalat merupakan saran perjumpaan seorang hamba dengan pencipta Nya, dengan Sang Kekasih mereka. Bagi setiap insan, ketika akan berjumpa dengan kekasih, itu merupakan waktu yang dinanti-nantikan. Bayangkan saja ketika kita akan berjumpa dengan istri atau suami kita, sangat ingin segera bertemu. Namun, sebelum bertemu kita menyiapkan diri dengan serapi mungkin dan sebagainya. Maka, ketika orang-orang beriman juga menanti-nantikan setiap waktu shalat menuju shalat berikutnya dengan mengisinya dengan sesuatu yang bermanfaat, insyaallah, Allah hapus dosa-dosa mereka.

semoga bisa dijadikan salah satu bahan renungan.

wassalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh.

*terima kasih buat Ust. Higa semoga Allah selalu merahmati jalan dakwahmu. Allahumma amiin

Tidak ada komentar: